| 0 comments ]

FMIPA ITB didirikan jauh sebelum diresmikannya Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 2 Maret 1959, yaitu pada tanggal 6 Oktober 1947 di kota Bandung sebagai Faculteit van Exacte Wetenschap, yang kemudian menjadi Faculteit van Wiskunde en Natuur Wetenschap, selanjutnya menjadi Faculteit Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA), dan sekarang menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

FMIPA mempunyai 15 kelompok keilmuan/keahlian (Aljabar, Analisis dan Geometri, Kimia Analitik, Astronomi, Biokimia, Matematika Kombinatorika, Matematika Industri dan Keuangan, Kimia Anorganik dan Fisik, Fisika Nuklir dan Biofisika, Kimia Organik, Fisika Sistem Kompleks, Fisika Elektronik Material, Fisika Magnet dan Fotonik, Statistik, Fisika Teoretik Energi Tinggi dan Instrumentasi) serta 13 program studi, mulai dari Astronomi, Matematika, Fisika dan Kimia pada tingkatan S1, S2 dan S3, serta Program Studi Aktuaria untuk S2. Saat ini FMIPA mempunyai 174 staff akademik tetap, dimana sekitar 79,9% staff bergelar Ph.D, (magister 18,4% dan 1,7% lulusan sarjana) termasuk 25 professor dari 174 staff dosen yang terbagi ke dalam beberapa kelompok keilmuan. Karena FMIPA merupakan bagian dari ITB, maka visi dan misi fakultas ini tidak terlepas dari visi dan misi ITB. ITB sudah mencanangkan diri untuk menjadi pelopor dan pemandu ilmu dan sains, bekerjasama dengan institusi-institusi lain di Indonesia, sehingga menuntut FMIPA berada di garis depan dalam pengembangan itu. Khusus untuk FMIPA, penekanan lebih kepada basic science dan matematika. Jadi, FMIPA saat ini memang telah diminta untuk menjaga performance ITB terutama untuk pengembangan basic sciences atau penelitian-penelitian fundamental. Disitulah peran FMIPA akan lebih banyak diharapkan oleh ITB. FMIPA juga mempunyai program-program penelitian yang semuanya merupakan fundamental riset yang mengandung 3 aspek :

  • Information technology terutama dalam bidang computational sciences.
  • Biotechnology, sebagai contoh di kimia terdapat biokimia dan kimia organik, di fisika terdapat biofisika, di matematika tentunya sebagai sarana modelling dan structure.
  • Nanosciences, Aspek ini dikembangkan oleh program studi fisika dan kimia yang mengembangkan new material baik material alami maupun material sintetik.


Visi dan Misi


Visi FMIPA

Menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan matematika dan sains terkemuka yang menjadi pelopor dalam menentukan arah perkembangan matematika dan sains serta memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Misi FMIPA

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkualitasdi bidang matematika dan sains.
  • Melaksanakan penelitian dan menyebarluaskan hasilnya untuk mengembangkan matematika dan sains.
  • Melaksanakan pelayanan yang profesional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan matematika dan sains dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Kebijakan Dasar

  • Sinergi antar strata, riset dan pembelajaran, antar disiplin ilmu, antar ITB dan masyarakat.
  • Akuntabilitas yang didasari meritokrasi / prestasi dan transparansi.
  • Komitmen pada mutu, efisiensi dan efektifitas.
  • Keunggulan melalui kreativitas, inovasi dan pembaruan/perbaikan menerus.
  • Keterlibatan, kepedulian dan partisipasi.




Mengenal Program Studi di Fmipa ITB

Program Sarjana

FMIPA menyelenggarakan program pendidikan sarjana sebagai berikut:

1. Sarjana Astronomi
2. Sarjana Fisika
3. Sarjana Kimia
4. Sarjana Matematika


Program Magister

Program pendidikan magister yang ditawarkan FMIPA antara lain:

  1. Magister Astronomi


  2. Magister Fisika


  3. Magister Kimia


  4. Magister Matematika


  5. Magister Astronomi Jalur Pengembangan dan Pendidikan Astronomi


  6. Magister Pengajaran Fisika


  7. Magister Pengajaran Kimia


  8. Magister Pengajaran Matematika


  9. Magister Aktuaria


  10. Magister Sains Komputasi


Program Doktor

FMIPA menyelenggarakan program pendidikan doktor sebagai berikut

1. Doktor Astronomi
2. Doktor Fisika
3. Doktor Kimia
4. Doktor Matematika



Sumber :

  • www.enersi.com

  • www.itb.ac.id


0 comments

Post a Comment