| 0 comments ]

Universitas Hasanuddin (Unhas) pada Snmptn 2011 melalui jalur penerimaan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Jalur Penelusuran Potensi Belajar (JPPB) menerima 1.347 mahasiswa baru. Dari jumlah itu diterima melalui jalur undangan 930 dan JPPB 417 orang. Kuota jalur undangan 954 orang, sementara kuota JPPB 430 orang.

Dari 930 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur undangan, 292 orang direkomendasikan menerima beasiswa Bidik Misi. Mahasiswa baru harus membawa daftar penghasilan orang tua/wali dari perusahaan/instansi tempat bekerja atau kepala desa dan kelurahan, kartu keluarga, rekening listrik atau sejenis, dan foto rumah yang bersangkutan.

Snmptn Undangan Unhas 2012



Untuk Pendaftaran Snmptn Undangan Unhas 2012 silakan klik disini (mulai 1 Februari hingga 8 Maret 2012)
Profil Unhas
Peminat Daya dan Tampung Snmptn Undangan Unhas
Latihan Soal UN 2012 dengan Pembahasannya
Pengumuman Snmptn Undangan Unhas 2011
Akreditasi Unhas
Beasiswa Unhas
Sedangkan untuk Pendaftaran Snmptn Tulis Unhas 2012 silakan klik disini (mulai 11 Maret - 30 Mei 2012)
Latihan Soal Snmptn 2012

Mereka yang direkomendasikan menerima beasiswa Bidik Misi ini adalah yang pernah mengajukan lamaran secara on line sebelumnya secara nasional melalui jalur undangan maupun JPPB. Unhas masih akan menjaring penerima beasiswa Bidik Misi ini melalui hasil SNMPTN dan Jalur Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan (POSK). Peserta SNMPTN sendiri baru akan mengikuti ujian tulis 31 Mei dan 1 Juni 2011, sementara pendaftaran POSK dibuka Juli 2011 setelah pengumuman hasil ujian SNMPTN akhir Juni.

Untuk Snmptn tahun 2012 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk jalur umum baru akan dibuka April mendatang. Total jumlah mahasiswa baru yang akan diterima khusus di Universitas Hasanuddin (Unhas) sekira 3.231 orang.

Kepala Bagian Humas Unhas Dahlan Abubakar mengungkapkan, kuota penerimaan mahasiswa baru disesuaikan dengan kebutuhan fakultas. Dahlan memprediksi, kuota SNMPTN untuk jalur umum tidak akan jauh beda dengan penerimaan 2011 lalu yakni pada kisaran 3.231 orang.

"Penerimaan mahasiswa baru untuk Unhas, kemungkinan tidak akan jauh beda dengan kuota yang disiapkan tahun lalu. Mahasiswa yang diterima akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing fakultas," kata Dahlan, kemarin.

Dahlan mengungkapkan, di Unhas ada 13 fakultas di antaranya, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

"Tetapi panitia baru akan rapat tanggal 19 Februari mendatang, dengan tiga PTN. Jadi kemungkinan kuota akan sedikit berubah namun tidak jauh beda dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Lebih lanjut Dahlan menjelaskan, pada 2011 lalu, Unhas menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tulis sebanyak 3.231 orang, jalur Undangan 930 orang, serta jalur penelusuran potensi belajar (JPPB) 417 orang.

Perbandingan tahun lalu untuk fakultas kedokteran kuota di kisaran 125 kursi, FKM 174 kursi, fakultas hukum sebanyak 220 kursi, fakultas ekonomi 40 kursi, manajemen 75 kursi, teknik informatika 40 kursi, farmasi 45 kursi, keperawatan 40 kursi, kedokteran gigi 46 kursi, dan beberapa fakultas lainnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain SNMPTN, menurut Dahlan sama seperti tahun lalu Unhas membuka jalur undangan. Melalui jalur ini, siswa berprestasi diminta untuk memasukkan berkasnya, untuk siswa berprestasi ini kuotanya sekira 292 orang.

Namun merujuk pada tahun lalu jumlah pendaftar di jalur ini mencapai angka 900 orang. Unhas juga membuka kesempatan bagi siswa melalui Jalur Penelusuran Potensi Belajar (JPPB).

0 comments

Post a Comment